Wednesday, August 23, 2017

Jawab Tidak !!!, Jika Ditanya Apakah Jurusan TKJ Itu Sulit ?

Tags

Apakah TKJ Itu Sulit ? Pertanyaan yang sering saya dengar dari para lulusan sekolah menengah pertama (smp) yang ingin meneruskan ke sekolah menengah kejuruan jurusan tkj, mereka berfikir kalau belajar tkj itu sulit. Tapi, apakah Benar TKJ itu sulit ?

Yang namanya belajar, sulit atau tidaknya tergantung dari niat kita, kita menganggapnya sulit karena kita belum mencobanya. Cobalah cari referensi yang valid tentang jurusan yang ingin anda masuki. Kalau anda ingin masuk jurusan tkj, cari dulu apa itu tkj , apa saja yang dipelajari siswa tkj, dan kerja apa nanti setelah lulus tkj.

Jawab Tidak !!!, Jika Ditanya Apakah Jurusan TKJ Itu Sulit ?


Belajar tkj tidak sulit, karena saya juga alumni lulusan tkj. Selama anda belajar dengan semangat dan dengan niat, semua tidaklah sulit, cuma ada beberapa halangan. Setiap kegiatan belajar mungkin tidak selancar yang kita kira, selama kita terus menjalani, tidak ada yang tidak mungkin. Akan saya berikan beberapa alasan bahwa jurusan tkj itu tidak sulit.

1. Belajar Itu Konsisten
Proses belajar harus konsisten, jika anda sudah memutuskan untuk masuk pada jurusan tkj, cobalah fokus pada pembelajaran anda. Pertama kali masuk jurusan tkj, kita akan diberikan materi tentang komputer dan jaringan dasar. Untuk linux juga akan dipelajari, apakah linux itu sulit ? tidak, jujur saya baru kenal sistem operasi linux sejak pertamakali masuk tkj, mulai saat itu saya mulai tertarik untuk belajar linux lebih dalam, seperti membangun sebuah server linux. Selama 3 tahun saya belajar komputer dan jaringan, serta linux, dan sekarang saya lebih mengenal linux dibanding 3 tahun yang lalu.

2. Banyak Referensi Belajar TKJ
Kegiatan belajar bisa dilakukan dimana saja kapan saja, apalagi sekarang jamannya teknologi. Belajar menggunakan buku memang perlu untuk menambah ilmu, dan sekarang kita sudah memiliki smartphone yang bisa menampung ribuan buku dalam bentuk e-book. Setiap referensi belajar memiliki kelebihan sendiri, untuk belajar tkj, kita bisa download ebook tentang komputer dan jaringan yang banyak tersedia di internet. Kita juga bisa belajar melalui website-website, forum-forum tentang tkj.

3. Belajar TKJ Lebih Ke Praktek
Belajar teknik komputer dan jaringan akan lebih ditekankan pada praktek daripada teori. Teori itu penting untuk menambah pengetahuan kita, namun praktek juga penting untuk menambah keterampilan kita. Siswa tkj akan lebih ke praktek, seperti merakit komputer, membangun jaringan, membangun server linux, dan akan dibimbing oleh guru anda.

4. Banyak Teman Se-Hobby
Tentunya dalam belajar tkj anda tidak akan sendirian, akan ada banyak siswa yang memiliki obsesi sama seperti anda. Akan lebih seru dan menyenangkan jika belajar bersama, serta berbagi ilmu bersama, dengan begitu akan lebih banyak pula ilmu yang kita dapat.

5. TKJ Itu Seru
Belar tkj itu seru, akan lebih banyak tantangan, seperti membangun sebuah server linux. Jika terjadi error pada konfigurasi kita, kita akan mencoba untuk memperbaiki sampai selesai, dan jika error sudah terbenahi, akan timbul rasa senang pada diri kita.

Setelah saya memberikan beberapa alasan di atas, saya katakan sekali lagi, belajar tkj itu tidak sulit !!!

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll
EmoticonEmoticon